Langsung ke konten utama

Danau Gunung Tujuh, danau Kaldera Tertinggi di Asia Tenggara

Hey guys, pada kesempatan kali ini, nabilla akan membagikan sebuah artikel menarik.. So.. pasti tentang Indonesia dong.. Tahu kan, Keanekaragaman Indonesia itu beragam loh.. Salah satunya aku ambil dari Jawa Pos nih.. Tentang "Danau Gunung Tujuh, danau Kaldera Tertinggi di Asia Tenggara", udah tahu belum apa sih Danau Gunung Tujuh itu? Dan ada dimana sih letak dari Danau Gunung Tujuh itu? Ada yang tahu nggak??

Oiya, "Danau Gunung Tujuh" ini adalah Danau Kaldera Tertinggi di Asia.. "Danau Gunung Tujuh" dikelilingi Tujuh buah gunung, maka dari itu disebut "Danau Gunung Tujuh". Menurut warga setempat di danau tersebut ada penunggunya loh.. Menurut warga penunggu nya bersosok seekor angsa putih. Angsa putih itu akan muncul jika ada pengunjung bukan asli sana , jangan sampe takabur loh ya.. tau kan takabur itu apa.. ituloh "Sombong" jadi kalo kesana nggak boleh sombong.. Kalo sombong nanti angsa putihnya muncul lagi ... Baca selengkapnya yuk ..

Simpan Pesona Sekaligus Misteri

Danau Gunung Tujuh masuk danau yang indah dan unik di Indonesia. Danau itu berada di wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

DANAU Gunung Tujuh menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara. Luasnya sekiat 9600 hektare, panjang 4,5 km, serta lebar 3 km. Ketinggian danau itu sekitar 1,950 meter di atas permukaan laut.
Dari Kota Sungai Penuh, untuk menuju ke Desa Pelompek yang berjarak 50 kilomter, perjalanan bisa ditempuh dengan mobil sekitar 1,5 jam. Gerbang pos TNKS menjadi titik awal menuju Danau Gunung Tujuh.

Sesuai namanya, danau itu dikelilingi tujuh gunuh. Yakni, Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madur Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh itu sendiri (2.735 mdpl).

"Di beberapa gunung itu, terdapat sumber air yang menyebabkan air di danau ini tidak pernah habis," terang Bustami, penunggu pos masuk TNKS.

Karena berada jauh di atas Gunung Tujuh, pengunjung harus melewati rimba belantara dan jauh dari jangkauan warga. Itu menjadikan lokasi tersebut memiliki kesan mistis.

"Untuk sampai di Danau Gunung Tujuh, diperlukan waktu dua jam lebih dengan jarak dari pos masuk ini sekitar 6 km," tambah Bustami.

Selain itu, warga sekitar tidak mengetahui asal-muasal danau tersebut. Namun, gunung itu diyakini ada sejak berabad-abad lamanya.

"Dikunjungi banyak orang mulai 1993. Tpi, keyakinan warga sini, danau ini sejak ratusan tahun lalu," kata Sahril, nelayan Danau Gunung Tujuh.

Anehnya lagi, Danau Gunung Tujuh hanya diisi satu spesies ikan, ikan kapereh. menurut keterangan Sahril yang telah 22 tahun menjadi nelayan Danau Gunung Tujuh, danau tersebut juga memiliki penunggu yang kadang menampakkan diri layaknya seekor angsa putih.

"Yang jelas, ketika di danau ini, jangan sekali-kali takabur. Dulu pernah ad apengunjung takabur saat mandi di danau, Dia pun tenggelam dan meninggal," terang sahril.

Karena letaknya dia atas pegunungan, suhu di Danau Gunung Tujuh pada siang dan malam tergolong dingin. Rata-rata 16°-17°C saat siang dan 10°-11°C pada malam sehingga mengharuskan Anda membawa jaket apabila berkunjung ke sini.

Tempat menarik di sekitar Danau Gunung Tujuh yang patut dikunjungi adlah Air Terjun Gunung Tujuh. Air terjun tersebut berasal dari air Danau Gunung Tujuh. (jun/JPPN/c6/diq)  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.