Langsung ke konten utama

Melihat Keajaiban Alam Gunung Berapi

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel dari My Journey karya dari U.H Saidah 

Di Indonesia itu banyak beragam keindahan alam, terutama Gunung Berapi yang ada di Kabupaten Kediri

 

 Kelud dan Wedus Gembel Inggris

Saya mengajakSuami berwisata alam ke Gunung Kelud yang terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Saat Kelud meletus, Februari 2014, abu vulkanisnya sampai kerumah. Banykanya mencapai setengah karung. Padahal,radius rumah saya dan kelud adalah 57 km. Penasaran saya pun mengunjunginya.

SUASANA berbeda saya rasakan ketika memasuki daerah Kelud. Hawanya sejuk , Kebun nans, Rasanya begitu fresh mendapati sesuatu yang tidak saya jumpai sehari-hari.


Untuk mencapai wisata kelud, pengunjung diharuskan melampaui tiga pos. Ykni, parkir,tyengah dan puncak. Saya yang sudah dua bulan absen yoga sangat bersemangat untuk menanjak dan mencapai pos tengah. Saatnya membekar kalori. Walaupun ngos-ngosan setengah mati, tidak masalah. Toh banyak temen, pemandangan kanan kiri luar biasa, dan hawanya sejuk.

Sebagai eyewitness, saya terkesima melihat bekas pohon-pohon yang tersapu awan panas bak pohon jati sedang merangga di musim panas. Gundul Bekas aliran lahar pun mengapa lebar berwujud limpahan pasir yang siap untuk ditimbang.

Tapi melihat jurang yang terjal, entah siapa gerangan yang berminat untuk menambang pasir itu. Sesekali pasir menyapu wajah-wajah kami ketika angin berembus. Gemerincik air pun turun di beberapa bagian celah gunung. Beberapa lereng juga mulai menghijau. Tampak kelud sedang mempercantik diri kembali.

Cukup beristirahat, kami berjalan ke puncak, Dua kilometer lagi, menurut penjaga. Naik turun, ngos-ngosan, terbayar ketika melihat puncak kelud yang sedang dinaungi mendung, indah tak terkira.

Melihat mendung sedikit demi sedikit bernjak, Saya mendadak terpikir wedus gembel. Pada 2006. saat saya mulai bekerja di Kaltim sebagi guru bahasa inggris, teman seangkatan berkisah bahwa salah satu pertanyaan yang diajukan perawancara saat microteaching adalah apa bahasa Inggris wedus gembel.

Saat itu merapa meletus. Wedus gembel. gulungan awan panas mematikan, sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Tapi, siapa sangka istilah itu menjadi pertanyaan wawancara. Tidak tahu, dia pun menjelaskan bahwa tidak semua istilah bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Bisa jadi, wedus gembel adalah salah satunya.

Saat kelud meletus pada 2014, saya teringat lagi kisah itu. Saya menanyakannya ke salah seoreang temen dari Inggris. Ternyta bahasa Inggris Wedus gembel adalah pyroclatic flow.(*c7.dos)

Jawa Pos, Kamis 09 April 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya Hamparan Bunga Kebun Nursery Polije

Jujugan Florist, Tempat Asyik untuk Foto Prawedding JEMBER - Memasuki kawasan wisata Rembanganpara pengunjung langsung diajak menikmati kesegaran udara. embusan angin sepoi-sepoi an barisan pepohonan sepanjang jalan. Tak seperti wilayah Kota Jember yang panas dan aepi pepohonan, sejauh mata memndang jalan di kawasan ini terlindungi banyak pepehonan. Ada sebuah tempat yang berada tepat sebelum pintu masuk kawasan wisata Rembangan yang  memiliki hamparan kebun bunga dan tanaman hias dalam pot. Kebun itiu adalah poltek Nursery. Kawan kebun bunga dan tanaman hias yang sudah banyak dikenal sebagai salah satu pemasok bunga potong terbesar di Jember. Di kebun kurang lebih satu hektar ini terdapat berbgai macam bunga anggrek, krisan dan gerbera. Selailn itu, terdapat juga tanaman daun eksotis dalam pot yang sering dijadikan bahan rangkaian bunga dekorasi pernikahan. Aneka jenis bunga krisan dan anggrek itu bisa dibeli dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan ukuran

The Waroeng Batik Sumbersari Maesan

Pengunjung Sembari Belajar Membatik BUKAN hanya menyajikan kuliner tradisional yang berbeda, The waroeng Batik Sumbersari juga menyediakan suguhan yang cukup menrik bagi pengunjung. Puas kuliner, pengunjung bisa belajr batik. Mulai dari proses mencanting, pewarnaan hingga pengeringan. "Sebelum ada warung, memang awalnya sudah ada gerai batik Sumbersari. Jadi The warung dan batik menjadi satu tubuh," jelas Yuke Yuliantaries, Pengelola dan pemilik The Waroeng ini. sehingga masyarakt atau pengunjung yang datang dapat menikmati eduwisata batik.

Tantangan "Raja Ampat Mini" di Kalimantan Selatan

Pada artikel ke-4 Nabilla akan membagikan artikel menarik Dari Raja Ampat Mini.. Artikel kali ini Nabilla ambil Dari Jawa Pos bagian Indonesia Indah .. Batas Langit di Bukit Batas Nama Bukit Batas memang lagi lagi moncer di kalangan warag Kalimantan Selatan. Wisata alam itu menjajikan tracking dan hiking ringan dengan bayaran berupa pemandangan elok. Pada puncak Bukit Batas, pelancong  bisa menikmati munculnya pulau-pulau kecil tengah-tengah Waduk Riam Kanan.